Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

SEJARAH BOLA BASKET

Bapak basket, Dr James Naismith datang dengan permainan di 1892 dan pertandingan pertama dimainkan di Beaver Falls Pennsylvania pada 8 April 1893 antara New Brighton YMCA dan Geneva College.
Permainan ini sangat populer dan pada tahun 1914 sebanyak 360 sekolah boasted tim basket. Pada tahun 1939, College Basketball NCAA pertama Pria Kejuaraan turnamen diadakan yang dimenangkan oleh University of Oregon.

Pembentukan Pro basket pada tahun 1896 muncul dari perselisihan antara anggota tim YMCA dan pejabat dan berakhir pada pembentukan anggota tim profesional yang bermain untuk uang. Pada 1898, NBL (National Basketball League) dibentuk dan diproduksi bintang-bintang basket pertama - Ed Wachter dan Barney Sedran.

Dua tim bola basket profesional untuk mencapai keberhasilan mereka adalah Buffalo Germans dan Celtics tetapi selama favorit tahun 1930-an termasuk New York Renaissance dan Harlem Globetrotters. Selama waktu ini, bola basket wanita juga populer dan pemain hebat yang dihasilkan seperti Babe Didrikson dan Bank Alline Sprouse.

Pada tahun 1940, permainan basket perguruan tinggi pertama ditunjukkan di TV. Permainan ini dimainkan antara Pittsburgh dan Fordham di Madison Square Garden, dan membuat lompatan basket menjadi sensasi nasional. Sejak saat itu bola basket telah menjadi salah satu olahraga yang paling banyak ditonton dan dalam kenyataannya Madness Maret, ketika hampir 350 perguruan tinggi Amerika bersaing untuk NCAA basket mahkota adalah acara paling banyak ditonton di Amerika Serikat.

Dalam Pro basket pada 1940 dan 50 di Minneapolis Lakers adalah favorit besar dari banyak memenangkan 5 gelar kejuaraan NBA dan memproduksi dimulai seperti Bob Cousy dan Bob Pettit. Tetapi selama akhir tahun 1950 itu sampai 1969, Celtics memiliki pengadilan memenangkan 11 gelar NBA (8 f mereka benar berturut-turut). Pada era ini pemain favorit termasuk Bill Russell dan wilt Chamberlin dari Philadelphia Warriors.

Selama 1963-1975 The University of California, Los Angeles berada di sorotan memenangkan 10 kejuaraan nasional, termasuk tujuh berturut-turut. Beberapa pemain besar dari tim UCLA termasuk Kareem Abdul-Jabbar, Jamaal Wilkes, Bill Walton, Gail Goodrich dan Marques Johnson.

Pada tahun 1967 American Basketball Association (ABA) dibentuk dan banyak yang akan ingat salah satu pemain satart Julius Erving serta bola basket merah mereka putih dan biru. ABA hanya bertahan sampai tahun 1976 ketika bubar dan banyak tim bergabung dengan NBA.

Pada tahun 1960, bola basket wanita memperkenalkan format 5 pemain pengadilan penuh dan membuat menggiring bola sepenuhnya hukum tapi tidak sampai tahun 1985 bahwa Bola Basket Hall of Fame mulai mengesahkan pelatih perempuan dan pemain. Beberapa wanita pertama yang mendapatkan kehormatan ini termasuk Carol Blazejowski, Ann Meyers, Cheryl Miller; Nancy Lieberman-Cline dan Anne Donovan.

Dalam pemain awal tahun 1970-an seperti Larry Bird dari Indiana State University dan Michigan State Universitas Magic Johnson muncul dan akhir 1980-an melihat pemain besar seperti Isiah Thomas dan Dennis Rodman. Tapi mungkin pemain paling dicintai dari semua adalah Michael Jordan yang memimpin Chicago Bulls untuk enam kejuaraan NBA pada 1990-an.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar